Tuesday, March 03, 2009

Dipres


DIPRES kata ini sebenarnya sudah pernah saya dengar beberapa waktu yang lalu. Sudah lama. Artinya pun sedikit-sedikit tahu, baik yang denotatif maupun konotatif. Namun tahu arti yang sebenarnya dari KBBI baru sekarang ini. ‘Pres’ dalam KBBI merupakan kata benda yang berarti 1 mesin cetak; 2 alat kempa. Maka ‘mengepres’ sebagai kata kerja berarti mengempa (menindih, menekan). Sementara ‘pengepresan’ sebagai kata benda berarti proses, cara, perbuatan mengepres.
Tetapi dalam penggunaan lebih lanjut dipres bisa digunakan untuk obyek yang berupa manusia atau orang lain. Misalnya kalimat begini: ‘Dipres saja orang itu. Kalau tidak begitu, tidak ada kapoknya dia.’. Tampaknya dalam kalimat ini seseorang mengalami proses pres atau mengalami kempa. Lebih tepatnya sebenarnya orang tersebut ditindih atau ditekan. Masih merujuk dalam KBBI, ‘pengempaaan’ sebagai kata benda sendiri berarti 1 proses, cara, perbuatan mengempa; 2 perihal menggunakan perkakas untuk memeras, menekan. Sehingga ‘kempa air’ berarti apitan yang dijalankan dengan kekuatan air. ‘Kempa’ sendiri berarti benda yang dipakai untuk menakan (memerah, mengapit, dsb); apitan.
Dalam bahasa sehari-hari, pres kemudian diadaptasi menjadi ‘menekan’. ‘Menekan’ berasal dari kata dasar: tekan. ‘Menekan’ sebagai kata kerja berarti 1 menindih (mendesak) kuat-kuat; 2 menghentikan atau menahan (mencegah, mengekang) dengan kekerasan; 3 mengadakan desakan berat kepada; 4 melakukan kekerasan, kekuatan, desakan atau paksaan pada; menindas atau menggencet; 5 memaksa-maksa; mendesak keras; 6 mengucapkan (kata, suku kata) dengan suara yang agak keras; meletakkan aksen pada; 7 menitikberatkan pada; (sangat) mementingkan; (sangat) mengutamakan.
Rupanya pres juga telah mengambil makna tekan. Tidak semua maknanya memang, tetapi lebih pada makna yang berhubungan dengan upaya relasional subyek-obyek antar manusia. Tampaknya memang dengan demikian orang menjadi sadar bahwa jika dia melakukan tekanan terhadap orang lain artinya dia akan sama juga sedang mengempa sebuah benda baik itu ban atau kempa. Penggunaan untuk manusia kiranya lebih laik jika menggunakan tekan, menekan dan ditekan. Jadi ‘Jika ditekan terus menerus orang akan juga melawan, seperti tikus terpojok akan juga mencakar.’
Saya jadi ingat, pres berasal dari serapan bahasa Inggris pressure. Hmmm. Selamat mengepres. []

No comments: